Investasi

Sekilas BPPSPAM

Pemenuhan kebutuhan air minum secara berlanjut kepada masyarat, kini menjadi kewajiban negara.  Hal ini sesuai harapan Presiden yang tercantum dalam Rancangan Rencana Program Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Untuk mewujudkan itu, pemerintah melakukan percepatan pencapaian universal akses  aman air minum 100 persen di tahun 2019 dengan mendirikan lembaga penyelengaraan sistem penyediaan air minum (SPAM). Lembaga ini dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor  90 Tahun 2016 tentang Badan Peningkatan dan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM). 

Secara struktur BPPSPAM berada di bawah koordinasi menteri. Tugasnya membantu Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan penyelengaraan SPAM yang dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMN/BUMD) penyelenggara SPAM.

Sesuai amanat Pasal 37 Peraturan Pemerintah 122 tentang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), BPPSPAM merupakan bentuk revitalisasi dari Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum  yang sudah ada sebelumnya. Sebagai bentuk revitalisasi, BPPSPAM  memiliki tugas dan fungsi yang lebih fokus dan spesifik dari tugas dan fungsi sebelumnya.

Berdasarkan Pepres Nomor 90 Tahun 2016, BPPSPAM menyelenggarakan beberapa fungsi yaitu :

1.    Penilaian kinerja penyelenggaraan sistem penyediaan air minum oleh badan usaha milik negara dan/atau badan usaha milik daerah dalam rangka pemenuhan persyaratan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas pelayanan sistem penyediaan air minum.

2.   Memfasilitasi peningkatan kinerja penyelenggaraan sistem penyediaan air minum oleh badan usaha milik negara dan/atau badan usaha milik daerah dalam rangka pemenuhan persyaratan kualitas, kuantitas dan kontinuitas pelayanan sistem penyediaan air minum.

3.    Pemberian rekomendasi kepada pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka peningkatan penyelenggaraan sistem penyediaan air minum, yang diselenggarakan oleh badan usaha milik negara dan/atau badan usaha milik daerah.

 

4.  Pemberian rekomendasi kepada pemerintah pusat dan Pemda dalam rangka menjaga kepentingan yang seimbang antara penyelenggara dengan pelanggan.

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini2710
mod_vvisit_counterKemarin4458
mod_vvisit_counterMinggu ini22489
mod_vvisit_counterMinggu lalu26564
mod_vvisit_counterBulan ini107099
mod_vvisit_counterBulan lalu101716
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung3140796

Pengunjung Online : 60
IP anda : 54.81.71.8
,
2017-04-29 16:17