Pemkot Malang Melunak, Sodorkan Sumber Cinde untuk Batu

KEDUNGKANDANG-SURYA- Harapan Kota Batu untuk mendapatkan air bersih dari sumber air di wilayahnya yang kini dikuasai PDAM Kota Malang terbuka lagi. PDAM Kota Malang bersedia membuka pintu dialog dan berjanji berbagi solusi atas masalah air PDAM Kota Batu.

Menurut Plt Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Malang, Drs HM Jemianto SH MHum, permohonan permintaan air dari sumber Banyuning oleh PDAM Kota Batu akan dikaji lebih lanjut. PDAM Kota Malang bersedia duduk satu meja dengan PDAM Kota Batu untuk membahas masalah ini. ”Hasil dari pertemuan itu selanjutnya dibawa ke pemkot masing-masing untuk menyamakan persepsi. Setelah itu barulah dibikin MoU,” papar Jemianto, Minggu (10/1).
Jemianto mengatakan, PDAM Kota Malang bisa memenuhi permintaan air oleh Batu tetapi tidak diambilkan dari Banyuning, tetapi dari sumber lain. Alasannya, pada 2013, Kota Malang akan menghadapi krisis air sehingga sangat mengandalkan sumber Banyuning.

Ditambahkan Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Kota Malang, Drs H Suroto SE MAB, PDAM Kota Malang mempunyai tiga sumber di Batu, yaitu Ngesong (40 liter/ detik), Binangun (280 liter/detik), dan Banyuning (100 liter/detik). Dari ketiganya, Ngesong diberikan ke PDAM Kota Batu.

”Kami berikan berikut prasarana dan sarana. Kami juga akan memberikan sumber Cinde (40 liter/detik),” papar Suroto.

Kata Suroto, sebenarnya Batu punya sumber Darmi yang berdebit besar dan akan mengatasi masalah air bila dikelola secara benar. Namun sumber itu dikuasai masyarakat untuk air minum dan pengairan. ”Batu itu sebenarnya tak akan kesulitan air asal dapat mengatur Hipam secara baik,” kata Suroto.
Adanya tanggapan positif dari Pemkot Malang itu disambut antusias oleh PDAM Kota

. Namun tawaran PDAM Kota Malang dianggap membingungkan karena sumber air Cinde saat ini digunakan PDAM Kabupaten Malang untuk memenuhi kebutuhan konsumen mereka di Kecamatan Dau dan Karangploso. ”Jika begitu bearti harus ada koordinasi lebih lanjut lagi dengan PDAM Kabupaten Malang dan ini akan sulit dibagi karena sumber Cinde sendiri debitnya jauh lebih sedikit dibandingkan Banyuning dan Binangun,” sela Zadim Effesiensi, Plt Direktur PDAM Kota Batu.

Ditambahkan, meskipun begitu keinginan Pemkot Malang mau berkomunikasi dengan Batu merupakan sebuah progres yang cukup menggembirakan. ”Jika sudah duduk bersama tentu akan lebih mudah lagi mengkomunikasikannya,” tandas Zadim.ekn/rea

Sumber: surya.co.id - 11 Januari 2010

 

SIM SPAM
GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1466
mod_vvisit_counterKemarin2084
mod_vvisit_counterMinggu ini1466
mod_vvisit_counterMinggu lalu19848
mod_vvisit_counterBulan ini44500
mod_vvisit_counterBulan lalu57952
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1640093

Pengunjung Online : 33
IP anda : 54.211.181.45
,
2014-12-21 17:07