BPPSPAM Dorong PDAM Kabupaten Grobogan Tekan Kehilangan Air
altKehilangan Air atau Air Tak Berekening (ATR)/ non revenue water (NRW)  adalah hasil produksi PDAM yang tidak mendatangkan pendapatan sehingga PDAM berpotensi rugi. Tingginya tingkat kehilangan air di PDAM merupakan salah satu penyebab kinerja PDAM menurun menjadi kurang sehat atau sakit. Dari 371 PDAM yang dievaluasi oleh BPPSPAM, baru ada 39 PDAM yang tingkat kehilangan airnya dibawah 20 persen, sedangkan 332 PDAM tingkat kehilangan air masih diatas 20 persen. Tingkat kehilangan air rata-rata nasional masih di angka 32,10 persen.
Dalam rangka menekan kebocoran air PDAM, Pada tahun 2017 Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) telah melakukan pendampingan penurunan  kehilangan air di 15 PDAM wilayah I yang salah satunya adalah PDAM Purwa Tirta Dharma Kabupaten Grobogan. Untuk melakukan sosialisasi rencana tindak penurunan tingkat NRW  di PDAM  Purwa Tirta Dharma  Kabupaten Grobokan, BPPSPAM menyelenggarakan acara Workshop Pilot Project Penurunan Tingkat Kehilangan Air dan Peningkatan Kinerja PDAM Kabupaten Grobogan di  Grand Master Hotel, Purwodadi, Senin (9/10).

Acara dibuka oleh Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Grobogan, Ir. Ahmadi Widodo, MT dan dihadiri oleh Kasubag Fasilitasi Penyiapan Penilaian dan Peningkatan Kinerja BPPSPAM, Ir. Desrah, MT sebagai narasumber. Hadir dalam acara Bappeda Kabupaten Grobogan, Direktur PDAM dan staf PDAM Kabupaten Grobogan.

altIr. Desrah, MT menyampaikan pada tahun 2016, Kinerja PDAM Kabupaten Grobogan masuk dalam kategori Kurang Sehat dengan nilai 2,36. Berdasarkan hasil evaluasi BPKP tahun 2016 tingkat kehilangan air PDAM grobogan adalah 36,84  persen.  Dari hasil kunjungan lapangan BPPSPAM, penyebab kehilangan air di PDAM Purwa Tirta Dharma Kab. Grobogan antara lain karena adanya sambungan ilegal,  ketidakakuratan pembacaan meter air dan kurangnya kontrol kebocoran aktif dan pengelolaan tekanan.
 
Untuk menanggulangi hal tersebut, BPPSPAM menyarankan agar PDAM melakukan penggantian meter induk dan melakukan penggatian water meter yang umurnya sudah diatas 5 tahun, membentuk Tim Penertiban Pelanggan dan melakukan sosialisasi pencegahan pencurian air. BPPSPAM juga menyarankan pembentukan DMA di Kota Purwodadi untuk mengkontrol kebocoran air dan pengelolaan tekanan pelanggan. (el/Des)



 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini3080
mod_vvisit_counterKemarin5460
mod_vvisit_counterMinggu ini27041
mod_vvisit_counterMinggu lalu29305
mod_vvisit_counterBulan ini112100
mod_vvisit_counterBulan lalu141434
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4010751

Pengunjung Online : 70
IP anda : 54.224.102.26
,
2017-11-25 14:43