Investasi Air Minum Harus Mendahulukan Aspek Sosial Kemasyarakatan
alt“Berbeda dengan investasi di bidang infrastruktur lain, dalam melakukan investasi di bidang air minum investor juga harus memperhatikan aspek sosial kemasyarakatan,”ujar Kepala Sekretariat BPPSPAM, Ir. Monhilal, Dipl. SE ketika memberikan arahan pada acara kunjungan PT.  n-three ke kantor Badan Peningkatan Penyelenggaran Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM), Rabu (11/10). Namun begitu, Monhilal meyakinkan bahwa investasi di bidang air minum memiliki prospek yang bagus karena air minum merupakan kebutuhan dasar manusia yang tidak bisa tergantikan dengan hal lain.
Sayangnya Pemerintah memiliki keterbatasan dana untuk melakukan pembangunan infrastruktur SPAM sehingga membutuhkan partisipasi dari badan usaha. Untuk mendukung kenyamanan investasi pihak swasta, Pemerintah telah mempersiapkan berbagai regulasi antara lain Peraturan Pemerintah Nomor 121 Tahun 2015 tentang Pengusahaan Sumber Daya Air, Peraturan Pemerintah nomor 122 tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum, Peraturan Presiden 38 Tahun 2015 tentang Kerjasama Pemerintah Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur, Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor 4 tahun 2015 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur, Perka LKPP  Nomor 19 tahun 2015 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengadaan Badan Usaha Kerjasama Pemerintah dengan Bdan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur dan Permen  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 19 tahun 2016 tentang Pemberian Dukungan oleh Pemerintah Pusat dan/atau Pemerintah Daerah dalam Kerjasama Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum.

altAdapun proyek pembangunan SPAM yang saat ini sedang difasilitasi BPPSPAM dalam proses perencanaan dan penyiapannya antara lain SPAM Pondok Gede Kota Bekasi, SPAM Kabupaten Gresik, SPAM Jatiluhur I, SPAM Karian, SPAM Semarang Barat, SPAM Kota Pekanbaru, SPAM Ciawi dan Cisadane Kabupaten Bogor, SPAM Kabupaten Subang, SPAM Kabupaten Deli Serdang, SPAM Kota Balikpapan dan SPAM Southern Bali.

CEO PT. n-three, Nabil Wareeth mengucapkan terimakasih atas informasi yang telah diberikan BPPSPAM dan akan mempelajari profil masing-masing proyek SPAM sebelum melakukan investasi. “Kami berminat untuk melakukan investasi pada 2 atau 3 Proyek SPAM  yang telah dipaparkan, kami akan mempelajari detail dari masing-masing profil proyek,”kata Nabil.(el/Irn)



 

 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini3076
mod_vvisit_counterKemarin5460
mod_vvisit_counterMinggu ini27037
mod_vvisit_counterMinggu lalu29305
mod_vvisit_counterBulan ini112096
mod_vvisit_counterBulan lalu141434
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4010747

Pengunjung Online : 69
IP anda : 54.224.102.26
,
2017-11-25 14:42