Tingkatkan Kapasitas Auditor Internal SMM
altSistem Manajemen Mutu (SMM) merupakan alat yang digunakan untuk menunjang kegiatan agar terselenggara secara konsisten, sesuai tugas, tanggungjawab dan prosedur yang ditetapkan, serta untuk menjamin pencapaian mutu sesuai harapan pelanggan/stakeholder dan memenuhi peraturan yang berlaku. Dalam rangka mencapai visinya sebagai badan terpercaya dalam peningkatan  penyelengaraan SPAM, Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) berupaya untuk meningkatkan tata laksana organisasinya agar efektif dan efisien melalui penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2015. 
Untuk dapat menilai apakah tata laksana organisasi BPPSPAM sudah dilaksanakan sesuai SMM, perlu dilakukan audit internal secara berkala oleh Auditor Internal yang memiliki kompetensi memadai. Pelaksanaan Pelatihan Audit Internal untuk Penerapan SMM yang diselenggarakan di Oak Tree Premiere Hotel Bandung pada tanggal 7-8 September 2017 merupakan bagian dari persiapan pelaksanaan audit Internal di BPPSPAM.. Pelatihan dimaksudkan untuk memberikan pembekalan kepada para calon Auditor Internal yang akan mengevaluasi pelaksanaan SMM di BPPSPAM.

Dibuka oleh Kepala Sekretariat BPPSPAM yang diwakili oleh Kepala Bagian Dukungan Teknis Ir. Emah Sudjimah ST, Pelatihan diikuti oleh perwakilan dari masing-masing bagian di unit organisasi BPPSPAM. Turut hadir sebagai peserta pelatihan, Kepala Bagian Pelayanan Informasi dan Kerjasama, Ade Syaiful Rachman, ST MT. Dalam pembukaannya, Ir. Emah Sudjimah ST berharap acara pelatihan tersebut selain dapat menjadi sarana diskusi untuk  meningkatkan kualitas organisasi juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas para calon auditor internal.

Materi pelatihan disampaikan selama 2 hari oleh Ir. Hasan Asyari, M.Si dan Jaeni Dahlan ST sebagai narasumber, antara lain mencakup dasar-dasar audit, persiapan audit, pelaksanaan audit, serta checklist pemenuhan persyaratan SMM ISO 9001:2015 BPPSPAM.  Melalui materi tersebut, diharapkan para calon auditor internal dapat memahami antara lain: istilah-istilah baku dalam proses audit SMM; tujuan dan siklus audit internal; peran audit internal dalam penerapan SMM; proses perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan audit internal; serta atribut-atribut seorang auditor.

altJaeni Dahlan ST menjelaskan bahwa berdasarkan ISO  19011 merupakan proses yang sistematis, mandiri, dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit (audit evidence) dan mengevaluasinya secara objektif untuk menentukan sejauh mana kriteria audit  telah dipenuhi.

Sedangkan tujuan dari audit adalah untuk mengevaluasi kesesuaian kemampuan sistem manajemen untuk memenuhi persyaratan yang berlaku berdasarkan dengan peraturan atau standar operasi prosedur yang telah ditetapkan sebelumnya. Selain itu juga bermanfaat untuk mengidentifikasi dan menyempurnakan pelaksanaan SMM. Dengan dilaksanakannya audit internal secara berkala, BPPSPAM dapat meningkatkan tata laksana organisasinya sesuai standar manajemen yang berlaku. (el/Rna)
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini4116
mod_vvisit_counterKemarin4296
mod_vvisit_counterMinggu ini26228
mod_vvisit_counterMinggu lalu31947
mod_vvisit_counterBulan ini103255
mod_vvisit_counterBulan lalu135361
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung3720853

Pengunjung Online : 73
IP anda : 54.224.158.232
,
2017-09-23 22:05