Evaluasi Berkala Program RT3 Pacu Kinerja PDAM
alt“Untuk memperbaiki kualitas implementasi RT3 selanjutnya sebaiknya dilakukan evaluasi pelaksanaan RT3 secara periodik,”ujar Plt. Anggota BPPSPAM unsur Pemerintah, Ir. Syamsul Hidayat, MS pada acara Workshop Pemantauan dan Evaluasi Program (RT3) PDAM yang diselenggarakan oleh Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM di Garden Palace, Surabaya pada 28-30 Agustus 2017 .
Selain evaluasi secara berkala, agar Proggram RT3 berjalan sesuai harapan maka dalam penyusunan dan pelaksanaan Bantuan Program diperlukan koordinasi dan komunikasi antara PDAM, Satker PSPAM, BPPSPAM dan  Pemerintah Daerah (Pemda). Dan sebagai  target sasaran Program RT3, PDAM  harus mempersiapkan dan melengkapi persyaratan atau dokumen yang dibutuhkan (readiness criteria) untuk menerima bantuan pembiayaan baik dari Pemda maupun dari Pemerintah Pusat.

Sementara itu Perwakilan dari KaSubdit Pengaturan dan Pembinaan Kelembagaan, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Novi Dwi Raharjo, SE, MSc menyampaikan bahwa dari hasil evaluasi pelaksanaan Banpro di 46 PDAM pada tahun 2011-2015 di 46 PDAM, disimpulkan bahwa bantuan program dari Direktorat Pengembangan SPAM Dirjen Cipta Karya tidak otomatis mempengaruhi kenaikan kinerja PDAM. Hal tersebut disebabkan karena tidak adanya evaluasi peningkatan kinerja sebelum dan sesudah Banpro. Selain itu komitmen Pemda dan PDAM untuk melaksanakan Program RT3 yang telah dibuat oleh pemerintah pusat masih rendah.

Hadir dalam acara Advisory BPPSPAM Ir. Budi Sutjahyo, MT, Kepala bagian Dukungan Teknis Ir. Emah Sudjimah, MT, staf bagian dukungan teknis BPPSPAM, perwakilan Kepala Satker Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Nusatenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan PDAM Kabupaten Ponorogo, PDAM Sumedang, PDAM Kabupaten Pekalongan, PDAM Kabupaten Lebak, PDAM Kabupaten Lampung Selatan, PDAM Kota Singkawang, PDAM  Kabupaten Ketapang, PDAM Kabupaten Berau, PDAM Kabupaten Kapuas Hulu, PDAM Kabupaten Bulungan,PDAM  Kabupaten Lombok Tengah, PDAM Kabupaten Kupang, PDAM Kabupaten Kota Kupang dan PDAM Timor Tengah Selatan.

Agar Program RT3 dan bantuan program dapat meningkatkan kinerja PDAM, diharapkan adanya komitmen dari Pemda untuk meningkatkan jumlah APBDnya dalam membantu PDAM melaksanakan program RT3. (el/ADSr)



 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini3102
mod_vvisit_counterKemarin5460
mod_vvisit_counterMinggu ini27063
mod_vvisit_counterMinggu lalu29305
mod_vvisit_counterBulan ini112122
mod_vvisit_counterBulan lalu141434
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4010773

Pengunjung Online : 66
IP anda : 54.224.102.26
,
2017-11-25 14:51