Monitoring KPBU, Dukung Akses Universal Air Minum

altAdanya keterbatasan anggaran dana APBN/APBD terus mendorong Pemerintah untuk melibatkan Badan Usaha Swasta dan Masyarakat untuk berpartisipasi dalam investasi Penyelenggaraan SPAM.  Dalam rangka mendorong percepatan realisasi Kerjasama Pemerintah dalam investasi Dengan Badan Usaha SPAM, Badan Peningkatan Penyelenggaraan  Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) mengadakan acara Workshop Monitoring Pelaksanaan Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Dalam Penyelenggaraan SPAM di Hotel Grand Kemang, Jakarta pada 28-29 Agustus 2017.

Acara dibuka oleh Kepala Sekretariat BPPSPAM Ir Monhilal Dipl. SE dan dihadiri oleh Anggota BPPSPAM unsur Profesi, Ir. Setio Djuwono; Anggota BPPSPAM unsur Pemerintah, Ir. Aulawi Dzin Nun, MSc; dan Advisor BPPSPAM, Drs. Effendi Mansyur CES dan Drs. Rifqi Basrie Msi. Hadir juga Kepala Bagian Pelayanan Informasi dan Kerjasama BPPSPAM, Ade Syaiful Rachman ST. MT, Tim Teknis  BPPSPAM dan Direktur Utama atau yang mewakili  PT.  PAM Jaya, PT. Sarana Catur Tirta Kelola (SCTK), PDAM Gresik, PDAM Kabupaten Tangerang, PDAM Kabupaten Serang, PDAM Kab. Subang, PDAM Kabupaten Gresik, PDAM Kabupaten Gianyar, PT. Aetra Air Jakarta, PT Aetra Tangerang,  PT Moya Indonesia,  PDAM Kota Tangerang, PDAM Kab. Kotawaringin Timur, PDAM Kabupaten Indramayu, PDAM Kota Serang dan  PDAM Kabupaten Semarang.

Ir Monhilal Dipl. SE dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa sampai saat ini, ada 8,5 Triliun dana investasi swasta yang sudah ditanamkan untuk pembangunan penyelenggaraan SPAM  dengan kapasitas 36.300 liter/detik. Mengingat  banyaknya tantangan yang harus dihadapi oleh PDAM dan Badan Usaha Swasta dalam melaksanakan tahapan-tahapan KPBU, BPPSPAM melaksanakan Monitoring dan Evaluasi untuk mempercepat pelaksanaan KPBU yang sudah berjalan.  Diharapkan dengan acara ini PDAM dan Badan Usaha dapat mendiskusikan dan mencari solusi dari tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan kerjasama.

Ir. Setio Djuwono menyampaikan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri PPN/Bappenas No. 4 tahun 2015 tentan Tata Cata pelekasanaan KPBU, ada 4 tahapan KPBU yaitu Tahap Perencanaan  Proyek Kerjasama, Penyiapan Proyek Kerjasama, Transaksi  Proyek Kerjasama, serta dan Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Kerjasama. Agar Kerjasama dapat berjalan dengan baik maka pihak yang bekerjasama harus menerapkan prinsip kerjasama “win-win solution dimana kedua belah pihak harus memiliki  niat baik (good intention), melaksanakan kewajibannya sebaik mungkin dan saling mempercayai satu sama lain.

 

 
 
 

Agar kerjasama dapat berjalan dengan baik maka perlu dilakukan monitoring pelaksanaan Perjanjian Kerjasama agar ketentuan-ketentuan dalam Perjanjian Kerjasama dapat dilaksanakan sesuai kesepakatan, sehingga tidak terjadi atau setidaknya dapat mengurangi permasalahan dan perselisihan yang timbul di kemudian hari. Dengan meminimalisir konflik/permasalahan yang mungkin timbul, maka badan usaha dan PDAM dapat lebih fokus untuk melakukan inovasi peningkatan pelayanan air minum kepada masyarakat. (el/Irn)

Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;}
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini3107
mod_vvisit_counterKemarin5460
mod_vvisit_counterMinggu ini27068
mod_vvisit_counterMinggu lalu29305
mod_vvisit_counterBulan ini112127
mod_vvisit_counterBulan lalu141434
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4010778

Pengunjung Online : 66
IP anda : 54.224.102.26
,
2017-11-25 14:52