PDAM Terkena Dampak Pencemaran Limbah di Kali Bekasi

POJOKJABAR.com, BANTARGEBANG – Dampak pencemaran di Kali Bekasi berpengaruh pada produksi air di PDAM Tirta Patriot (TP). BUMD air yang mengandalkan air Kali Bekasi sebagai bahan bakunya, itu terpaksa menurunkan produksinya bila Kali Bekasi tercemar limbah.

Dirum PDAM Tirta Patriot Sugianto mengungkapkan pencemaran air yang disebabkan karena limbah berpengaruh pada produksi pengeloaan air PDAM TP. Kapasitas normal produksi PDAM TP, biasanya mencapai 420 liter per detik. Tapi, jika ada pencemaran di Kali Bekasi maka produksi diturunkan. Bahkan, penurunan produksi bisa mencapai 50 persen dari produksi normal.

“Kalau pencemaran itu bisa turun 30 persen, bisa 40 persen, bisa 50 persen. Kalau Kali Bekasi tercemar, kita mengolah nggak bisa maksimal, yang penting air jadi. Itu kan situasional. Cuma prinsipnya kalau limbah pasti ada pengaruh ke produksi, jadi nggak stabil,” papar Sugianto saat ditemui di ruangannya.

Kendati demikian, kata dia, selama beberapa hari sejak adanya pencemaran air di Kali Bekasi karena limbah, belum ada masyarakat yang menyampaikan keluhannya. Karena, pada saat ada pencemaran di Kali Bekasi pihaknya tetap menjalankan aktivitas produksi.

“Kalau ada indikator pencemaran, Kali Bekasi ya khususnya, kita tidak bisa produksi maksimal supaya nanti kualitas air kita aman. Kalau memang itu kepekatan terlampau, ya kita tutup, nggak bisa produksi,” sambungnya.

Ia menyatakan, pengurangan produksi dilakukan guna memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan.

’’Kalau pengurangan bisa 50 persen. Kalau kepekatannya terlalu tinggi dan kandungan kimianya tinggi, kemudian juga kita proses kimianya konsentrasinya tinggi lagi, lebih baik kita turunkan produksinya tapi air jadi aman. Daripada kita maksimalkan tapi air tidak aman, buat apa?,” tuturnya.

Penurunan produksi, kata dia, berpengaruh pada permintaan air para pelanggan. Dengan kata lain, kebutuhan pelanggan tidak terpenuhi secara maksimal.

“Kalau 450 liter per detik kemudian kita bisa produksi 400, 420, yang 30 liter per detik misalnya lumpur, pasti akan menurunkan kebutuhan konsumen. Ini kan kita punya pelanggan menyebar, ada 29 ribuan, termasuk Bhagasasi yang kita layani. Air yang didistribusi dari kita, kalau Kali Bekasi ada gangguan, bukan kita aja Bhagasasi juga kena (dampaknya), pasti akan menurunkan debit air,” tutupnya.

sumber
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1951
mod_vvisit_counterKemarin5027
mod_vvisit_counterMinggu ini16295
mod_vvisit_counterMinggu lalu32344
mod_vvisit_counterBulan ini64328
mod_vvisit_counterBulan lalu142297
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4101269

Pengunjung Online : 53
IP anda : 54.227.126.69
,
2017-12-14 11:40