Program RT3 Untuk Tingkatkan Kinerja PDAM
alt
Berdasarkan evaluasi Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) pada tahun 2011-2013, program Rencana Tindak Turun Tangan (RT3) PDAM di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara belum terimplementasikan secara maksimal. Untuk memaksimalkan implementasi program selanjutnya,maka diperlukan evaluasi program yang telah disusun sebelumnya untuk meningkatkan kinerja PDAM.
“Sejak tahun 2011, BPPSPAM telah mendampingi lebih dari 150 PDAM untuk melaksanakan program RT3. Sayangnya program RT3 PDAM di wilayah Aceh dan Sumatera Utara  belum terimplementasikan secara maksimal. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi atas program yang sudah berjalan sehingga program selanjutnya dapat disempurnakan,”ujar Kepala Sekretariat BPPSPAM Ir. Monhilal Dipl. SE pada acara Workshop Pemantauan dan Evaluasi Program (RT3) PDAM di Hotel Grand Swisbell Medan yang berlangsung dari tanggal 13 – 14 Juni 2017. Hadir sebagai nara sumber Plt. Anggota BPPSPAM Unsur Pemerintah, Ir. M. Aulawi Dzin Nun, MSc, Plt. Anggota BPPSPAM Unsur Pelanggan, Ir. Syamsul Hidayat dan  Novi Dwi Raharjo, SE, MSc dari Direktorat Pengembangan SPAM, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR. Rapat juga dihadiri oleh perwakilan PDAM, Dinas Pekerjaan Umum dan Satker Pengembangan SPAM yang ada di wilayah Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

altMonhilal menyebutkan ada beberapa hal yang menyebabkan belum maksimalnya pelaksanaan program RT3, diantaranya adalah kurangnya koordinasi dan komunikasi antara PDAM, Pemda, dan Satker Pengembangan SPAM sehingga program RT3 tidak tersampaikan secara detail serta  kurang lengkapnya dokumen teknis (readiness criteria) dan dokumen penunjang dalam pelaksanaan program RT3. Selain itu program RT3 kurang sensitif terhadap keterbatasan dana PDAM sehingga banyak program tidak dapat dilaksanakan PDAM karena tidak adanya dana.

Untuk meningkatkan kualitas program RT3 sebaiknya PDAM mempersiapkan dan melengkapi persyaratan atau dokumen yang dibutuhkan (readiness criteria) ketika meminta bantuan pembiayaan dari Pemerintah Pusat. Selain itu dalam melakukan penyusunan RT3, disarankan melibatkan pihak PDAM  sehingga program yang dibuat sesuai kondisi lapangan dan kebutuhan PDAM. Dan yang tak kalah penting adalah perlu ditingkatkannya koordinasi dan komunikasi antara stakeholder yang terlibat dalam penyusunan RT3 PDAM dan pelaksanaan bantuan program.
 
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1965
mod_vvisit_counterKemarin5027
mod_vvisit_counterMinggu ini16309
mod_vvisit_counterMinggu lalu32344
mod_vvisit_counterBulan ini64342
mod_vvisit_counterBulan lalu142297
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4101283

Pengunjung Online : 56
IP anda : 54.227.126.69
,
2017-12-14 11:44