Dirut PDAM Serahkan Draft OBC SPAM Semarang Barat ke KPPIP
Bertempat di Ruang Rapat Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pada hari Rabu (14/6), Dirut PDAM Tirta Moedal, Dra. Etty Laksmiwati, M. M menyerahkan Draft Outline Business Case (OBC) SPAM Semarang Barat kepada Direktur Proyek Sumber Daya Air, Komite Percepatan Pembangunan Infrastuktur Prioritas (KPPIP), Henry B.L Toruan.  Penyerahan dilakukan pada acara Rapat Koordinasi Pembahasan Aspek Teknis dan Aspek Keuangan SPAM Semarang Barat yang dilaksanakan oleh Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) yang dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi Kementerian PUPR, Ir.Mochammad Natsir, M.Sc; Plt. Anggota BPPSPAM unsur profesi, Ir. Setio Djuwono, Kasubdit SPAM Khusus Dit. PAM Kementerian PUPR, ; Ir Susi MDS Simanjuntak MT dan perwakilan dari  Kemenko Perekonomian, Kementerian Keuangan, PT. Sarana Multi Infrastruktur (PT. SMI) dan Bappeda Kota Semarang.
Tujuan dari penyerahan  OBC kepada KPPIP adalah untuk direview dan mendapatkan persetujuan dari KPPIP bahwa proyek SPAM Semarang Barat dapat dilanjutkan dengan skema Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) sebagai syarat untuk memperoleh fasilitasi penyiapan dan transaksi proyek (Project Development Facilities/PDF) dari Kementerian Keuangan. Dirut PDAM Tirta Moedal, Dra. Etty Laksmiwati, M.M mengatakan bahwa pada OBC yang baru, PDAM Tirta Moedal menyertakan dua alternatif pembangunan proyek yaitu SPAM berkapasitas 1.000 liter/detik dan SPAM berkapasitas 750 liter/detik dan opsi pengembangan 250 l/detik. Dalam OBC juga dirinci mengenai jumlah investasi dari dua alternatif proyek SPAM Barat dan jumlah dukungan kelayakan yang dibutuhkan dari pemerintah pusat dan atau pemerintah daerah. Dalam OBC juga dipaparkan tentang kajian teknis, ekonomi dan finansial, hukum dan kelembagaan, sosial dan lingkungan, bentuk kerjasama, dukungan pemerintah serta risiko dari SPAM Barat. Etty juga berterima kasih kepada BPPSPAM yang telah membantu melakukan fasilitasi dalam penyusunan OBC yang dibuat oleh PDAM.

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi Kementerian PUPR, Ir.Mochammad Natsir, M.Sc mengatakan bahwa proyek SPAM Barat merupakan salah satu PSN yang diharapkan dapat segera beroperasi, sehingga dibutuhkan komitmen bersama untuk mempercepat realisasinya.  Meski jangka waktu penyiapan kerjasama tergolong singkat, namun dengan kerjasama berbagai pihak, Natsir yakin proyek dapat direalisasikan secara cepat. “Dengan adanya koordinasi dari stakeholder terkait yang hadir disini saya yakin proyek dapat direalisasikan sesuai target dari presiden”ujar Natsir.

Sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) SPAM Semarang Barat yang telah ditunjuk oleh Walikota Semarang, PDAM Tirta Moedal berkomitmen untuk segera merealisasikan proyek tersebut. “Saya siap berkoordinasi kapan saja dan dimana saja dengan semua stakeholder agar proyek SPAM Semarang Barat dapat diwujudkan dengan segera sehingga dapat memberikan akses pelayanan air minum kepada masyarakat Semarang”ujar Etty.(el/Irn)
 
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1965
mod_vvisit_counterKemarin5027
mod_vvisit_counterMinggu ini16309
mod_vvisit_counterMinggu lalu32344
mod_vvisit_counterBulan ini64342
mod_vvisit_counterBulan lalu142297
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4101283

Pengunjung Online : 56
IP anda : 54.227.126.69
,
2017-12-14 11:44