BPPSPAM Ajak Pemkot Tangerang Selatan, Realisasikan SPAM Karian
Dalam rangka pemenuhan kebutuhan air minum di wilayah Jakarta Barat, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, Kementerian PUPR  tengah merencanakan pembangunan SPAM Regional Karian yang akan mengambil air baku dari Waduk Karian. SPAM Karian rencananya akan dibangun dengan kapasitas 6.000 liter/detik. Rencananya proyek SPAM Karian akan dibangun dengan memakai skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Unsolicited dengan nilai investasi sekitar Rp.3 triliun. 

Untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) terkait Perencanaan dan Persiapan SPAM Regional Karian dari Waduk Karian yang akan segera selesai dibangun oleh Pemerintah Pusat, Direktorat Pengembangan SPAM Dirjen Cipta Karya dan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) melakukan kunjungan ke Walikota Tangerang Selatan pada hari Senin (5/6). Kunjungan diterima oleh Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, S.H., M.Kn., M.H didampingi oleh Walikota dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kota Tangsel. Hadir juga Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Investasi Kementerian PUPR, Ir. Mochammad Natsir, M.S, dan Plt. Anggota BPPSPAM, Ir. Setio Djuwono.

Pada kesempatan tersebut, Airin Rachmi Diany menyambut baik kunjungan dari BPPSPAM dan Dit. PAM. Selanjutnya Airin menjelaskan bahwa untuk melakukan pengelolaan air minum di Kota Tangsel, saat ini dia telah menunjuk PT. Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PT. PITS) yang  merupakan badan usaha milik daerah pemerintah kota Tangsel yang diamanatkan untuk menjadi perpanjangan pemkot dalam penyediaan pelayanan publik termasuk penyelenggaran air minum. Sejauh ini cakupan pelayanan air minum di kota Tangsel baru mencapai 11 persen dan berharap akan dapat mencapai 85 persen dalam dalam 5 tahun kedepan. 

Pemkot Tangsel  telah mempunyai masterplan dan DED dalam pelayanan air minum 5 tahun kedepan. Dia berharap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan BPPSPAM dapat mengkaji dan dibahas bersama perencanaan yang sudah ada termasuk SPAM Karian.

Mochammad Natsir mengatakan bahwa sebaiknya untuk melakukan pengelolaan air minum di daerah dibentuk BUMD khusus yang bertugas mengelola air minum. Namun begitu Dit. SPAM bersama BPPSPAM akan mengkaji aspek  kelembagaan PT. PITS sebagai BUMD yang dapat mengelola air minum di kota tangsel. Natsir juga menekankan bahwa untuk merealisasikan pembangunan SPAM Regional Karian, Pemerintah Pusat membutuhkan dukungan dari Pemkot Tangsel. Setio Djuwono berkomitmen BPPSPAM akan mendampingi Pemkot Tangsel untuk melaksanakan proses penyelenggraan Kerjasama Dengan Badan Usaha (KPBU).
 
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini2950
mod_vvisit_counterKemarin4173
mod_vvisit_counterMinggu ini11675
mod_vvisit_counterMinggu lalu33536
mod_vvisit_counterBulan ini80882
mod_vvisit_counterBulan lalu139702
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung3833591

Pengunjung Online : 70
IP anda : 54.81.110.114
,
2017-10-18 14:39