Kementerian PUPR Bahas Payung Hukum Realisasikan SPAM Karian
Untuk menyediakan payung hukum pelaksanaan SPAM Karian, Direktorat Sistem Penyediaan Air Minum Dirjen Cipta  Karya Kementerian PUPR bekerjasama dengan Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) mengadakan workshop Pembahasan Kesepakatan Bersama (KSB) SPAM Regional Karian pada hari Senin (5/6) di hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan. 
Acara dibuka oleh Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Ir. Muhammad Sundoro, M.Eng dengan menghadirkan Kasubdit SPAM Khusus Dirjen Cipta Karya PUPR, Ir Susi MDS Simanjuntak MT; Kasubdit Kerjasama dan Penyelesaian Perselisihan Antar Daerah, Dirjen BAK, Kementrian Dalam Negeri, Ir. FX. Djatmiko Winahjoe, MP; dan Anggota BPPSPAM unsur Pemerintah, Ir. Aulawi Dzin Nun, Msc sebagai narasumber serta Kasubdit Kerjasama Pemerintah Swasta Bappenas, Dadang Jusron, SE. AK sebagai moderator diskusi. Hadir juga Kepala Sekretariat BPPSPAM, Ir.Monhilal, Dipl.SE; Kepala Bagian Hukum dan Komunikasi Publik, Dirjen Cipta Karya, Mardi Parnowiyoto, SH; Sekretaris Direksi PT. Perum Jasa Tirta II (PJT II), dan perwakilan  Sekretaris Daerah, Kepala Dinas dan BUMD penyelenggara SPAM terkait SPAM Regional Karian antara lain Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Bogor dan Jakarta Barat.

Pada kesempatan tersebut, Ir. Muhammad Sundoro, M.Eng menyampaikan bahwa ada keterbatasan air baku di setiap daerah dalam menyelenggarakan SPAM untuk itu diperlukan kerjasama regional SPAM. Dengan adanya workshop ini, Sundoro berharap akan mendapatkan masukan dari peserta workshop mengenai pembentukan kelompok kerja, kesepakatan bersama, Badan Milik Negara (BMN) yang dapat menjadi PJPK (pengelola) SPAM Karian. 

Ir Susi MDS Simanjuntak MT mengatakan bahwa SPAM Regional dibutuhkan untuk mengefisienkan biaya penyelenggaraan SPAM dan menarik pihak swasta untuk berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur SPAM.  Sedangkan Ir. FX. Djatmiko Winahjoe, MP mengatakan bahwa berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2007 kerjasama SPAM Regional adalah kerjasama wajib yang harus dilaksanakan oleh daerah karena berbatasan antar daerah. Untuk memberikan payung hukum perlu dibentuk Kesepakatan Bersana yang berisi ruang lingkup kerjasama dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang berisi hak dan tanggung jawab masing-masing pihak yang terlibat dalam kerjasama. Penandatanganan KSB dan PKS dapat dilakukan bersama-sama atau dalam waktu yang berbeda dengan jangka waktu yang tidak terpaut terlalu jauh. 

Sementara itu, Ir. Aulawi Dzin Nun, Msc menyampaikan bahwa ada dua bentuk kerjasama yang dilaksanakan dalam SPAM Regional Karian yaitu kerjasama antar daerah dan kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Sebagai BUMD yang ditunjuk pemerintah untuk mengelola SPAM, PDAM perlu menyiapkan beberapa hal penting untuk menyalurkan air curah yang dihasilkan dari SPAM regional Karian ke masyarakat. Hal penting tersebut antara lain stagging penyerapan air curah, kesiapan PDAM dalam membeli air curah, harga air curah dan analisa keuangan PDAM yang terkonsolidasi dan terintegrasi dengan kondisi eksisting. 

Rapat menghasilkan draft KSB SPAM Karian yang nantinya akan dilaporkan peserta rapat kepada pimpinan masing-masing untuk ditindaklanjuti. Dalam pidato penutupan acara, Ir.Monhilal, Dipl.SE berharap KSB  SPAM Karian dapat diselesaikan pada bulan Juli 2017, sehingga pada akhir tahun 2017 perjanjian kerjasama antara PJPK dan badan usaha pelaksana dapat ditandatangani. Monhilal mengajak para peserta rapat untuk bekerjasama secara sinergis sehingga dapat menyelesaikan target realisasi SPAM Regional Karian untuk mendukung akses aman air bersih 100 persen pada tahun 2019.
 
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini2942
mod_vvisit_counterKemarin4173
mod_vvisit_counterMinggu ini11667
mod_vvisit_counterMinggu lalu33536
mod_vvisit_counterBulan ini80874
mod_vvisit_counterBulan lalu139702
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung3833583

Pengunjung Online : 70
IP anda : 54.81.110.114
,
2017-10-18 14:37