Minta Masukan Soal PDAM, DPRD Kota Yogyakarta Kunjungi BPPSPAM

DPRD Kota Yogyakarta melakukan kunjungan kerja ke kantor Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (14/03/2016). Kunjungan tersebut bertujuan untuk meminta masukan dan menanyakan secara langsung kepada BPPSPAM, terkait kinerja PDAM Tirtamarta Yogyakarta.  

Dalam pertemuan dengan wakil rakyat tersebut, Anggota BPPSPAM dari unsur masyarakat,  Ir.Syamsul Hidayat, MS menyatakan Kota Yogyakarta salah satu dari 154 PDAM yang cakupan pelayanannya masih kurang dari 10 ribu Sambungan Rumah (SR). Untuk meningkatkan jumlah SR tersebut, Syamsul berharap Pemerintah Daerah (Pemda) Yogyakarta dapat memberikan penyertaan modal kepada PDAM, untuk meningkatkan cakupan pelayanan. Dengan penyertaan modal itu diharapkan kebutuhan  air minum di kota pelajar tersebut tercukupi. 

Kabid Analisa Keuangan, Investasi, dan Promosi (AKIP) BPPSPAM,  Drs. Adi Susetyo, Msi menambahkan cakupan pelayanan PDAM Yogyakarta diambang batas. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan pelanggan yang makin berkurang. Selain itu karena sumber air baku yang semakin berkurang. Selain masalah cakupan pelayanan, tingkat kebocoran yang mencapai 37% juga menjadi permasalahan pada PDAM tersebut. Penyebab kebocoran menurutnya, selain karena umur pipa yang sudah tua, juga karena aspek komersial, seperti kesalahan dalam pembacaan meter.

Menanggapi hal itu, Direktur Utama PDAM Tirtamarta Yogyakarta, Dwi Agus Triwidodo, ST, MM mengatakan kurangnya cakupan pelayanan,  selain dikarenakan kurangnya ketersediaan air baku, kondisi tersebut disebabkan adanya sumur dalam. Kondisi ini menyebabkan cakupan pelayanan berkurang dari 46,23% menjadi  45,52%.  Agus berharap BPPSPAM dapat membantu dalam pengembangan air minum di Yogyakarta.

Dari hasil pertemuan tersebut DPRD Yogyakarta akan membahas secara bersama, terkait beberapa aspek dari kinerja PDAM yang dinilai masih rendah. Nantinya masukan-masukan dari BPPSPAM,  menjadi bahan pertimbangan untuk memberikan penyertaan modal kepada PDAM.Dud/Irn

 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini138
mod_vvisit_counterKemarin2871
mod_vvisit_counterMinggu ini26792
mod_vvisit_counterMinggu lalu32065
mod_vvisit_counterBulan ini85594
mod_vvisit_counterBulan lalu129563
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung3567831

Pengunjung Online : 21
IP anda : 54.225.47.124
,
2017-08-20 02:11