BPPSPAM Perkuat Sistem Informasi pada Sistem Penyediaan Air Minum PDAM

Untuk mendukung program PDAM, Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) melakukan penguatan sistem informasi melalui workshop yang dilaksanakan, Jumat (11/12/2015). Anggota BPPSPAM Aulawi Dzin Nun mengatakan dalam kegiatan tersebut dibuat suatu modul Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di PDAM. Basis data ini penting sebagai alat untuk mendukung tercapainya target RPJMN 2015-2019 yakni tercapainya akses air minum aman 100 persen di tahun 2019.

“Disini kita bisa saling belajar, seperti Kabupaten Banyumas yang ingin difasilitas sehingga bisa seperti PDAM Kota Malang. Di PDAM Kota Malang ada manajemen aset, salah satunya terkait bagaimana mengatasi angka kehilangan air atau NRW. Dengan teknologi informasi yang baik maka dapat diketahui titik-titik mana saja yang terjadi kebocoran,” ujarnya saat membuka kegiatan itu.

Ia juga berharap data base pengembangan ini merupakan data yang memberikan informasi mengenai kondisi terkini dan kondisi permasalahan yang ada di masing-masing PDAM, sehingga bisa terpantau dengan baik. “Dengan adanya data ini akan menekan NRW. Jadi kita juga dapat mengetahui dengan jelas prosentase NRW yang kita cantumkan apakah sudah benar atau tidak,” tegasnya.

Disisi lain menurut Aulawi PDAM punya tantangan untuk ikut mencapai target penambahan 10 juta sambungan rumah tahun 2019 seperti yang disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam beberapa kali kesempatan. Dengan berbagai inovasi yang dilakukan PDAM ia berharap target itu dapat tercapai.

Sementara itu Plt.Kepala Bagian Umum dan Informasi BPPSPAM, Ir. Susi MDS Simanjuntak, MT menambahkan kegiatan ini diikuti 15 PDAM, yakni Kota Padang, Kota Medan, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Semarang, Kota Solo, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Gresik, Kota Malang, dan Kota Payakumbuh.

Pada kegiatan ini pihak konsultan dari BPPSPAM menjelaskan sistem yang menampilkan berbagai jenis informasi mulai dari profil setiap PDAM, kondisi PDAM baik dari aspek teknis dan keuangan, serta rencana pengembangan yang akan dilakukan pada masing-masing PDAM. Selain itu dijelaskan juga bagaimana cara mengoperasikan dan menginput data oleh masing-masing PDAM serta hasil akhir dari sistem informasi PDAM tersebut. Hen/Irn

 

SIM SPAM
GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini1301
mod_vvisit_counterKemarin4723
mod_vvisit_counterMinggu ini6024
mod_vvisit_counterMinggu lalu26090
mod_vvisit_counterBulan ini50513
mod_vvisit_counterBulan lalu73464
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung2912517

Pengunjung Online : 61
IP anda : 54.158.127.188
,
2017-02-27 06:49