96 Persen Kawasan Surabaya Teraliri Air PDAM
Surabaya (Antara Jatim) - Sekitar 96 persen kawasan di Kota Surabaya sudah teraliri air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surabaya, sedangkan 4 persen sisanya karena status tanah warga yang masih bersengketa. 
     
"Jadi 4 persen itu adalah warga yang tidak punya hak untuk menerima air, misalnya status tanah punyanya kereta api atau berada di stran kali," kata Dirut PDAM Surabaya Mujiaman kepada Antara di Surabaya, Rabu.

Terhadap warga tersebut, lanjut dia, PDAM Surabaya tetap bisa melayani mereka dengan secara memberikan air curah di sejumlah lokasi yang bisa diakses orang banyak. 

"Kami penuhi hak mereka untuk menerima air, tapi mungkin caranya misalnya ada kelompok orang diujung kami kasih satu," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga memetakkan wilayah yang tidak dapat air (TDA) di tempat-tempat yang seharunya dapat air. "Itu akan kita identifikasi,  ada mungkin mereka beli rumah baru dan pemilik rumah yang lama punya tunggakan, sehinga dibokir. Jadi persoalannya banyak, nanti kami coba bantu menyelesaikannya," ujarnya.
     
Sementara mengenai daerah-daerah tertentu yang debet airnya kecil, Mujiaman mengatakan kemampuan stok atau persediaan air yang dimiliki PDAM Surabaya masih terbatas. 

"Standar stok di dunia idealnya harus 20 persen dari kapasitas, sementara saat ini yang dimiliki PDAM hanya 7 persen," ujarnya. 

Untuk itu, lanjut dia, dalam waktu enam bulan ke depan, pihaknya akan menyelesaikan pembangunan lima reservoir atau tempat menyimpan air di antaranya Krembangan, Osowilangun, Pegirian dan lainnya. 

"Sudah pasti enam bulan kedepan ada perbaikan, ketika permintaan konsumen turun, maka kami akan stok. Selama ini kami pas-pasan," katanya.  (*)

Sumber 
 

GIS BPPSPAM

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini3113
mod_vvisit_counterKemarin5460
mod_vvisit_counterMinggu ini27074
mod_vvisit_counterMinggu lalu29305
mod_vvisit_counterBulan ini112133
mod_vvisit_counterBulan lalu141434
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung4010784

Pengunjung Online : 68
IP anda : 54.224.102.26
,
2017-11-25 14:53